Tips menjauhi jadi korban Cyber crime

Saat ini banyak sekali korban tindak kejahatan dunia maya atau biasa disebut CyberCrime yang menyerang berbagai situs termasuk situs jejaring sosial. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja yang dapat menyerang Anda didunia maya ada baiknya Anda mengenali beberapa istilah berikut ini.



  • ClickJacking
    Dalam bahasa Indonesia menurut saya adalah suatu tindakan penipuan dari seorang pelaku cybercrime yang disebut scammer dimana sebagian dari laman web ditutupi oleh isi transparan atau
    menyesatkan yang biasanya berupa scam survei, popup window yang diterima oleh pengguna internet saat mengklik sebuah tautan yang menuju ke suatu laman web, sehingga menyebabkan pengguna tersebut tertarik menjalankan perintah untuk mengklik sebuah tombol tautan yang tidak mereka ketahui fungsinya. Ini biasanya digunakan oleh scammer untuk menghasilkan uang dari korban tanpa sepengetahuannya, seperti menyerahkan nomor ponsel mereka untuk mendaftarkan layanan premium berupa SMS. Namun anda dapat melindungi perangkat browser anda dari tindakan ClickJacking ini dengan menggunakan plugin seperti NoScript yang dipakai oleh Firefox.
  • KoobFace
    Adalah nama dari sebuah virus Trojan yang menyerang beberapa situs jejaring sosial. Cara kerja dari KoobFace sendiri dapat anda kenali dengan ciri-ciri seperti berikut ini:

    1.Anda biasanya akan diminta untuk mengklik sebuah tautan atau link yang telah mereka sediakan. Tautan tersebut akan membawa Anda pada sebuah laman web yang seolah-olah menawarkan Anda untuk mengunduh sebuah video yang menarik, namun kemudian mengatakan Anda memerlukan instalasi versi baru dari Adobe Flash Player agar dapat melanjutkan proses. Jika Anda tergiur untuk mengklik tombol tersebut, maka dengan otomatis perangkat komputer Anda akan segera terinfeksi virus tersebut. Dan saat pengguna yang perangkat komputernya telah terinfeksi kemudian menggunakan mesin pencarian saat ingin menelusuri laman web, biasanya mereka diarahkan pada situs yang penuh dengan malware.
    2.KoobFace juga akan menyebar dengan mengirimkan pesan kepada pengguna yang ada dalam daftar teman Anda dengan sendirinya seperti yang telah Anda alami. Perlu Anda garisbawahi juga bahwa virus atau worm ini menyerang secara tersembunyi dan menyebar ke pengguna lain melalui perangkat komputer Anda yang tanpa Anda sadari.

  • Sebenarnya masih ada beberapa lagi istilah-istilah kejahatan didunia maya yang belum saya jelaskan dipostingan kali ini karena keterbatasan waktu dan pengetahuan saya yang masih newbie didunia maya. Jadi, harap maklum apabila ada kesalahan dari penjelasan saya diatas dan meminta kepada pembaca untuk mengoreksinya.

    Pesan saya sebelum mengakhiri postingan ini kepada Anda adalah.



  • Jangan pernah mengklik tautan yang mencurigakan.
  • Jangan menjalankan file .exe bila Anda tidak mengetahui fungsinya.
  • Pastikan anda selalu meng update browser versi terbaru dari firefox dan Internet Explorer, karena versi terbaru tersebut akan memperingatkan anda jika anda telah sampai memasuki situs phishing yang dicurigai. Untuk informasi lebih jauh tentang phishing dan cara menghindarinya anda dapat mengunjungi situs http://www.antiphishing.org/consumer_recs.html http://onguardonline.gov/phishing.html
  • Untuk akun jejaring sosial Anda, milikilah kata sandi yang unik yg terkombinasi dari rangkaian huruf, angka, dan tanda baca sedikitnya 6 karakter dan jangan menggunakan kata yang biasanya ada didalam kamus.
  • Jalankan program antivirus untuk windows bisa anda dapatkan di http://www.microsoft.com/protect/viruses/xp/av.mspx
    http://www.microsoft.com/protect/computer/viruses/default.mspx
    Dan untuk apple/Mac OS bisa anda cek di http://support.apple.com/kb/HT1222

  • Semoga bermanfaat .

    0 Response to "Tips menjauhi jadi korban Cyber crime"

    Posting Komentar